Pages

12/28/2016

Pengertian, Kegunaan, dan Contoh Compound Personal Pronoun



Compound Personal Pronoun >> Kata Ganti Orang Majemuk

Yaitu :
1. I          >>  Myself (diri saya sendiri)
2. You     >>  Yourself (diri kamu sendiri)
3. He       >>  Himself (diri dia (lk) sendiri)
4. She      >>  Herself (diri dia (pr) sendiri)
5. It         >>  Itself (diri dia (bd) sendiri)
6. We      >>  Ourselves (diri kita sendiri)
7. You     >>  Yourselves (diri kalian sendiri)
8. They    >>  Themselves (diri mereka sendiri)

Kegunaan dari Compound Personal Pronoun yaitu sebagai berikut :
1. Reflexive Pronoun
2. To do action without friend/alone
3. Emphetic Pronoun

1. Reflexive Pronoun
    Yaitu pokok dari kalimat tersebut menjadi penderita (object) dari kalimat itu sendiri.

Ex :
1. I see myself in the mirror
2. I never teach myself to play piano
3. She tells herself to me
4. You have killed yourself
5. We must keep ourselves


2. To do action without friend/alone
    Yaitu digunakan untuk menunjukkan bahwa pokok kalimat (subject) dalam melakukan suatu pekerjaan tidak dibantu/ditemani oleh orang lain.

Ex :
1. I walk near the grave by myself
2. You must do the exercise by yourself
3. The dog found its way by itself


3. Emphetic Pronoun (penegasan)
    Yaitu pekerjaan yang dilakukan oleh subject itu sendiri/diterima oleh object itu sendiri bukan orang lain.

Ex :
1. I myself took her in the airport yesterday
    (saya sendiri yang menjemput dia di bandara kemaren)
  
Keterangan : Betul-betul menekan kan kata " saya yang menjemput "

2. I call tono himself
    (saya memanggil tono sendiri)

Keterangan : hanya saya yang memanggil

3. She mentions about the news to my mother herself
    (dia menceritakan berita itu kepada ibu saya sendiri)

Keterangan : hanya pada ibu saya, tidak pada orang lain


www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com