Pages

3/01/2017

Cara Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris



1. Niat dan Tekad 
Sebelum kita hendak memulai pembelajaran hendaklah kita belajar dengan ikhlas dan mempunyai niat dan tekad yang kuat. Jika kita tidak mempunyai niat dan tekad yang kuat, itu justru akan membuat kita sulit untuk belajar nantinya. Karena itu, niat dan tekad yang kuat bisa dijadikan sebagai pondasi yang kuat, maka dari itu niat dan tekad harus terlebih dahulu kita bangun. Jika sudah ada kemauan yang kuat, maka jalan selanjutnya akan lebih mudah.

2. Melatih Pengucapan Alphabet 
Jika anda sudah mempunyai niat dan tekad, maka pelajarilah dulu cara pengucapan alphabet dalam bahasa Inggris dari a sampai z, angka-angka, dan kata-kata atau kalimat-kalimat dasar bahasa Inggris. Ini bisa anda pelajari dari buku-buku bahasa Inggris manapun. Lebih bagus lagi jika anda mempelajarinya di internet dengan memanfaatkan mesin pencari google. Tujuan mempelajari kata-kata dan kalimat sederhana ini adalah untuk menumbuhkan minat sekaligus meningkatkan semangat anda dalam belajar.

3. Kosakata (vocabulary) 
Anda bisa memasang target harus menghapal berapa banyak kosa kata baru bahasa Inggris dalam sehari. Anda bisa memanfaatkan buku kamus bahasa Inggris maupun internet. Hendaknya anda menghapal bagaimana cara menuliskan kata tersebut, sekaligus cara mengucapkannya yang benar. Untuk mengetahui cara pengucapan yang benar dari suatu kata anda bisa mendengarnya langsung dari internet.

4. Pelajarilah Tata Bahasa Inggris
Ketika anda sudah menguasai cukup banyak kata-kata bahasa Inggris ataupun dilakukan secara bersamaan dengan menghapal kosakata. Anda bisa memanfaatkan buku bahasa inggris apa saja untuk mempelajari grammer. Setelah anda memiliki cukup bekal kosakata, atau sudah bisa memanfaatkan kamus dan mencari arti kata bahasa inggris dengan cepat, maka janganlah segan-segan memiliki buku tata bahasa (English Grammar) yang tebal-tebal. Pelajari dengan teratur, rajin, dan berkesinambungan. Jangan takut jika ada sebagian tata bahasa yang membuat anda bingung. Tak masalah, yang penting hal-hal dasar mampu anda kuasai seperti menyusun kalimat yang benar dalam konteks saat ini (present tense), masa lalu (past tense), masa akan datang, yang sudah terjadi, dst. Yang bisa anda pelajari bertahap. Internet juga bisa anda manfaatkan dalam belajar tata bahasa Inggris saat ini.

5. Banyak Membaca Artikel Bahasa Inggris
Anda bisa membacanya dari internet, koran / majalah bahasa Inggris, buku-buku bahasa Inggris, dst. Dengan bekal beberapa kosakata, dan tata bahasa dasar yang telah anda kuasai, anda diharapkan paling tidak sudah bisa mengerti tulisan bahasa Inggris. Walaupun cuma sepertiga atau sepersepuluh paragraf yang anda bisa tahu, tak masalah. Jangan takut! Anda masih dalam tahap belajar. Dengan membaca tulisan berbahasa Inggris, anda malah akan bisa menambah kosakata anda yakni dengan menandai kata yang tak dimengerti lalu mencari tahu artinya. Anda juga akan dapat gambaran bagaimana tata bahasa Inggris atau cara menyusun kata-kata untuk menjadi sebuah kalimat yang baik dalam bahasa Inggris dengan membaca tulisan-tulisan tersebut.


6. Melatih Pendengaran Bahasa Inggris 
Anda bisa memanfaatkan nyanyian bahasa Inggris, dengarkan dan bandingkan dengan lyric lagunya yang bisa diperoleh dari internet. Atau bisa juga dengan menonton film-film bahasa Inggris tanpa memperhatikan teks bahasa Indonesianya.

7. Latihan Berbicara Bahasa Inggris 
Belajar bahasa tanpa praktek memang akan susah. Carilah teman yang bisa anda ajak berlatih bercakap-cakap dalam bahasa Inggris. Anda juga bisa berbicara pada diri anda sendiri atau berpikir dengan menggunakan kalimat bahasa Inggris. Lebih baik lagi jika anda sekali-kali berusaha bercengkrama atau berkenalan dengan orang asing yang berbahasa Inggris sehingga anda bisa mempraktekkan apa yang telah dipelajari secara langsung.

8. Jangan Pernah Menyerah
 Belajar bahasa memang butuh waktu. Tak ada orang yang bisa langsung seketika mahir berbahasa Inggris. Butuh proses yang bisa memakan waktu bertahun-tahun untuk bisa ke tahap berkomunikasi memakai bahasa Inggris dengan baik. Maka mulailah dari sekarang sehingga lebih cepat anda akan bisa menguasai bahasa Inggris nantinya.

9. Beranilah dan Jangan Malu  
Bahasa Inggris bukanlah bahasa asli anda. Orang lain (barat/bule) akan mengerti itu, akan paham, dan tak akan pernah mengejek anda jika salah berucap. Perlu anda ketahui banyak orang-orang yang tak bisa berbahasa Inggris dengan baik dan lancar tetap nekad pergi ke negara asing yang berbahasa Inggris, dan mereka nyaris sama sekali tak pernah diejek dengan kemampuan berbahasa yang pas-pasan. Malah pada akhirnya mereka dengan kesungguhan hati dan keberaniannya mampu berbahasa Inggris dengan fasih. Untuk itu hilangkanlah rasa malu untuk belajar bahasa inggris.

10. Berdo'a
Setelah kita berusaha dengan keras hendaklah kita berdo'a kepada tuhan yang masa esa. Dan berserah diri atas apa yang telah kita usaha kan. Karena dengan berdo'a/ bersyukur, ilmu itu akan bermanfaat bagi diri kita sendiri maupun orang lain.

Oke sobat, sekian dulu pembahasan kita pada kesempatan kali ini. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk sobat semua dan jangan lupa berkunjung kembali di Bahasa Inggris Bermanfaat dan nantikan artikel-artikel bermanfaat lainnya.


www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com