Pages

3/05/2017

Pengertian, Ciri, Tujuan, Generic Structure, dan Contoh Discussion Text



1. Pengertian Discussion Text
Discussion Text merupakan suatu tulisan yang memaparkan suatu masalah atau perdebatan yang didiskusikan dari sudut pandang yang berbeda, dan Discussion Text ini mengandung unsur pro dan kontra.

2. Ciri-ciri Discussion Text
    -  Menggunakan simple present tense.
    -  Banyak menggunakan kata opini (pendapat).
    -  Banyak melakukan perbandingan.
    -  Banyak mengungkapkan fakta akan suatu hal.
    -  Menggunakan modal, seperti must, should, would, may, can, etc.
    -  Fokus pada peserta manusia dan non-manusia generik.
    -  Menggunakan bahasa diskusi : according, opinion.
    -  Menggunakan thinking verb, seperti feel, hope, believe, think, etc.
    -  Menggunakan additive, contrastive, dan casual connection (menggunkan kata-kata yang membandingkan : kata sambung yang berlawanan), seperti similiary, however, furthermore, on the othe hand, moreover, in addition, but, nevertheless, in other side dan konsekuensinya (sebab akibat), misalnya : so, then, etc.

3. Tujuan Discussion Text
Tujuan komunikatif discussion text adalah untuk menyajikan sebuah isu atau informasi dengan memaparkan beberapa pendapat para pakar yang dibidangnya dan biasanya pendapat yang dipaparkan tersebut bertentangan (pro dan kontra).

4. Generic Structure
1) Issue
Issue terletak di paragraf pertama yang berisi penempatan masalah atau isu yang didiskusikan atau pemaparan tentang isu yang akan dibahas atau didiskusikan dalam tulisan tersebut.
2) Suppporting Points (Argument For or Against)
Pada bagian ini, penulis menghadirkan pendapat yang mendukung isu. Di setiap paragraf Supporting Point terdiri dari dua komponen diantaranya adalah ide pokok paragraf dan elaborasi atau uraian dari ide pokok paragraf tersebut. Penulis menjelaskan beberapa pandangan terhadap isu yang sedang dibahas atau didiskusikan dengan mengambil pendapat para ahli atau juga tanpa menyebutkan siapa yang berpendapat tetapi pendapat itu memang sudah umum diketahui. Penulis biasanya akan memaparkan pendapat yang pro (argument for) baru disusul dengan pendapat yang kontra (argument againts) pada paragraf berikutnya.
3) Contrasting Points (Elaboration)
Pada bagian ini, Penuis menghadirkan pendapat yang menentang isu  atau permasalahan. Seperti paragraf supporting points, Contrasing Points juga menghadirkan dua komponen pembentuk yaitu ide pokok paragraf dan elaborasi atau uraian dari ide pokok paragraf tersebut. Sebelum mengambil sikap dengan menentukan pendapat mana yang lebih dipilih oleh penulis, atau bahkan memiliki pendapat sendiri, penulis harus terlebih dulu memberikan elaborasi tentang beberapa pendapat yang telah dipaparkan.
4) Conclusion or Recommendation
Pada bagian ini berisi kesimpulan atau rekomendasi penulis terhadap isu yang sedang didiskusikan dengan harapan pembaca dapat mengikuti dan setuju dengan pendapat penulis.

5. Contoh Discussion Text

Pros and Cons of Abortion
Do you agree with abortion ? when some asks this to the people, there may be many "yes" and equal number of "no", voicing their opinion over this. Abortion has always been a debatable subject amongst the masses as people have their own arguments regarding it.
For those who are for, they think that sometimes life can be really harsh on us. In some cases, medical emergencies make a women resort to this action because there is a possibility to be at risk, if she delivers the child. In some other cases, some of the rape victims can be minors. They won't be mentally or physically prepared to have the newborn baby. Giving life to such an unwanted child may cause troubles for both mother and the child.
After all, abortions implies denying someone a well-deserved life. Just because the odds are not in our favor, can we deprive someone the chance to live ? besides, having an abortion done also carries the risk of not being able to become pregnant ever again in life. Abortion can also lead to serious health complications or even a death.
Whether you agree or not, abortion will always happen in our society. While for one, having a forced child can be a highly miserable experience, to the other, can be highly miserable experience.

Oke sobat, sekian dulu pembahasan kita pada kesempatan kali ini. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk sobat semua dan jangan lupa berkunjung kembali di Bahasa Inggris Bermanfaat dan nantikan artikel-artikel bermanfaat lainnya.

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com