Pages

3/05/2017

Pengertian, Ciri, Tujuan, Generic Structure, dan Contoh Explanation Text



1. Pengertian Explanation Text
Explanation Text merupakan sebuah teks yang digunakan untuk menjelaskan proses terjadinya suatu peristiwa yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya.

2. Ciri-ciri Explanation Text
    -  Menggunakan simple present tense.
    -  Menggunakan action verb.
    -  Menggunakan passive voice.
    -  Menggunakan noun phrase.
    -  Menggunakan adverbial phrase.
    -  Menggunakan technical terms.
    -  Menggunakan general dan abstract noun.
    -  Menggunakan conjunction of time dan cause-effect.
    -  Berasal dari pertanyaan penulis terkait "why" dan "how" terhadap suatu fenomena yang ada.
    -  Karena yang diangkat adalah fenomena maka fokus materinya bukan pada bendanya atau orangnya, melainkan pada kejadian atau peristiwa yang terjadi pada orang atau benda tersebut.

3. Tujuan Explanation Text
Tujuan Explanation Text adalah untuk menjelaskan secara detail proses-proses yang terjadi dalam pembentukan sesuatu yang terkait dengan fenomena-fenomena alam, sosial, budaya, ilmu pengetahuan, dan lainnya yang bertujuan agar pembaca dapat memahami informasi dengan baik dan juga agar mengetahui bagaimana atau mengapa hal tersebut bisa terjadi.

4. Generic Structure
1) General Statement
Pada bagian ini, berisi penjelasan secara umum tentang fenomena yang akan dibahas, bisa berupa pengenalan fenomena tersebut atau penjelasannya.
2) Squenced of Explanation
Pada bagian ini, berisi tentang penjelasan proses mengapa fenomena tersebut bisa terjadi atau tercipta. Squenced of Explanation berupa jawaban dari pertanyaan "why" dan "how" penulis ketika membuat sebuah Explanation Text. Pada bagian ini bisa bisa terdiri lebih dari satu paragraf.
3) Closing
Sebenarnya closing itu tidak tercantum dalam generic structure dari Explanation Text, tetapi kebanyakan orang beranggapan bahwa paragraf terakhir dari sebuah Explanation Text closing, padahal itu merupakan bagian dari Squenced of Explanation yang berisi tentang langkah akhir yang dijelaskan pada bagian Squenced of Explanation.

5. Contoh Explanation Text

Tsunami
In Indonesia, we are very familiar with the word " Tsunami ". This natural disaster has ever killed thousands of lives in Banda Aceh a few years ago. Indonesia mourned, the world mourned. Then, how the tsumani happens ? here a brief explanation of the process of how the Asian tsunami happens.
Tsunamis can occur if there is a phenomenon which causes the displacement of large amounts of water in the ocean, such as volcanic eruptions, earthquakes, landslides, and meteors that fall to earth. However, 90% of tsunamis is the result of underwater earthquakes.
Vertical movement in the Earth's crust in the bottom of the ocean causes a sudden up or down movement of sea floor which then causes the water balance disorders about it. This disturbance causes the occurrence of the flow the massive sea water energy, that once it reaches the shore, it becomes huge waves resulting Tsunami.

Oke sobat, sekian dulu pembahasan kita pada kesempatan kali ini. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk sobat semua dan jangan lupa berkunjung kembali di Bahasa Inggris Bermanfaat dan nantikan artikel-artikel bermanfaat lainnya.

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com