Pages

2/09/2018

Advise vs Suggest: Ini Dia Bedanya!


Image result for gambar orang lagi meeting


Sobat pasti sering sekali menemukan kosakata "advise" dan "suggest" dalam bahasa Inggris. Well, keduanya memang mempunyai makna yang sama, yaitu menyarankan. Eits, meskipun sama, akan tetapi keduanya memiliki makna yang berbeda lho. Sobat sudah tahu belum di mana letak perbedaannya? Simak dulu yuk penjelasan berikut!


ADVISE

Oxford Dictionary menjelaskan bahwa advise digunakan untuk;
  1. Offer suggestions about the best course of action to someone. (memberikan saran mengenai tindakan yang terbaik untuk dilakukan oleh seseorang). 
Dengan kata lain, advise ini hanya digunakan ketika seseorang tersebut memiliki pengetahuan, keahlian, pengalaman, dan otoritas lebih tinggi dibanding lawan bicaranya. Dan biasanya advise ini sangat jarang digunakan untuk percakapan sehari-hari dikarenakan dalam konteks tertentu kata ini dapat menyinggung ataupun menyakiti lawan bicaranya. Oleh karena itu, advise ini lebih banyak digunakan dalam hal formal.

Contoh:
  • His doctor advised him not to take any strenuous exercise. (Dokternya menyarankannya supaya tidak melakukan olahraga berat).
  • As a father, I advise you to stop smoking. (Sebagai seorang ayah, saya menyarankanmu untuk berhenti merokok).


SUGGEST

Cambridge Dictionary menjelaskan bahwa suggest digunakan untuk;
  1. To mention an idea, possible plan, or action for other people to consider. (untuk mengungkapkan sebuah gagasan, rencana, atau tindakan supaya lebih dipertimbangkan oleh orang lain).
Berbeda halnya dengan advise, suggest ini lebih banyak digunakan dalam percakapan sehari-hari. Dan dengan menggunakan suggest berarti sobat sama sekali tidak mengisyaratkan bahwa sobat mempunyai pengetahuan, keahlian, pengalaman, dan otoritas lebih tinggi dibanding lawan bicaranya sobat.

Contoh :
  • I suggested an Italian restaurant near the station for the party. (Saya menyarankan sebuah restoran Italia di dekat stasiun untuk pesta itu).
  • I suggest we use Barkers as our main suppliers - they're good and furthermore they're cheap. (Saya sarankan supaya kita menggunakan Barkers sebagai pemasok utama kita - karena mereka bagus dan harganya lebih terjangkau).
  • They suggested we meet up at Mustafa's house. (Mereka menyarankan agar kita bertemu di rumah Mustafa).

Oke sobat, sekian dulu pembahasan kita pada kesempatan kali ini. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk sobat semua dan jangan lupa berkunjung kembali di Bahasa Inggris Bermanfaat dan nantikan artikel-artikel bermanfaat lainnya.


www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com