Pages

2/23/2018

Home vs House: Ini Dia Bedanya!


Sobat pasti sering sekali menemukan kata home dan house dalam bahasa Inggris. Well, keduanya memang mempunyai arti yang sama, yaitu rumah. Eits, meskipun sama, akan tetapi keduanya memiliki makna yang berbeda lho. Sobat sudah tahu belum di mana letak perbedaannya? Simak dulu yuk penjelasan berikut!


HOME

Cambridge Advanced Learner's Dictionary menjelaskan bahwa home adalah "someone's place of origin, or the place where a person feels they belong" jika kita terjemahkan ke dalam bahasa indonesia home ini berarti "tempat asal seseorang, atau tempat di mana seseorang merasa berada." Dari pengertian tersebut bisa kita simpulkan bahwa home ini memiliki makna yang lebih mendalam dan berkaitan dengan emosional. Home juga menunjukan dimana seseorang terikat secara emosional, ia bisa merasakan bahagia, sedih, dan juga merasakan canda tawa. dengan artian lain, home di tujukan untuk seseorang yang bisa membuatnya nyaman.

Contoh :
  • Pekanbaru is my home (pekanbaru adalah rumahku)
  • I am longing my home (aku rindu rumahku)
  • Home is not home without mother (rumah bukanlah rumah jika tanpa ibu)
  • What do you do in your home at holiday? (apa yang kamu lakukan di rumah pada hari libur?)
  • The beautiful place in the world is home (tempat terindah di dunia adalah rumah)
  • Will you get me back to the home, soon? (akankah kamu mengembalikan aku kerumah dengan segera?)

HOUSE

House juga berarti rumah. Namun house disini lebih menekan kan pada bangunan fisik di bandingkan dengan ikatan secara emosional. suatu tempat bisa kita sebut house apabila kita tinggal di tempat tersebut dan tidak bergantung dari ada atau tidaknya emosional kita.

Contoh :
  • My office is my second house (kantorku adalah rumah keduaku)
  • I will make my house beautiful (aku akan membuat rumahku cantik)
  • take me to your house (bawa aku ke rumah mu)
  • where is your house? (dimana rumahmu?)
  • my father buys the new house (ayahku membeli rumah baru)
  • I like the colour of your house (aku menyukai warna rumah mu)

PHRASE DAN IDIOM TENTANG HOME DAN HOUSE

Home sweet home

Artinya: Tempat yang paling nyaman adalah rumah kita. Biasanya expression ini kita ucapkan saat sampai di depan pintu rumah setelah seharian lelah bekerja, sebagai ungkapan bahwa kita sangat bersyukur bisa sampai rumah dengan selamat.

My home is my paradise

Artinya: rumahku adalah surgaku. Expression ini tidak jauh berbeda dengan contoh di atas. Maknanya yaitu bahwa rumah kita adalah tempat ternyaman bagi kita.

Make a house a home

Artinya: “membuat rumah menjadi nyaman”, umumnya ada ungkapan dalam budaya barat “it takes a woman to make a house a home” yang artinya “dibutuhkan seorang wanita untuk mengubah “house” menjadi “home” ”.

To move house

Artinya: pindah rumah.

Hometown

Artinya: kota asal atau tempat tinggal.


KESIMPULAN

Home dibangun dengan ikatan cinta dan impian sedangkan house dibangun hanya dengan sebatas dinding dan balok tanpa adanya ikatan cinta dan impian.


Oke sobat, sekian dulu pembahasan kita pada kesempatan kali ini. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk sobat semua dan jangan lupa berkunjung kembali di Bahasa Inggris Bermanfaat dan nantikan artikel-artikel bermanfaat lainnya.


Referensi:
  1. CAMBRIDGE Advanced Learner's Dictionary – Third Edition
  2. INI LHO PENJELASAN TENTANG PERBEDAAN HOME DAN HOUSE –http://www.bigbanktheories.com/ini-lho-penjelasan-tentang-perbedaan-home-dan-house/# – Diakses tanggal 23 Februari 2018
  3. Pengertian Perbedaan Mendasar antara ‘House’ dan ‘Home’ yang Wajib Kita Tau –http://www.kuliahbahasainggris.com/perbedaan-mendasar-antara-house-dan-home-yang-wajib-kita-tau/ – Diakses tanggal 23 Februari 2018
www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com