Pages

2/01/2018

Pengertian, Tujuan, Ciri, Generic Structure, dan Contoh Review Text

Related image

1. Pengertian Review Text
Secara harfiah, review bermakna “tinjauan, ringkasan, dan tinjauan ulang.” Jika ada frasa book review berarti bermakna tinjauan buku. Karenanya, review text bisa diartikan sebagai teks yang difungsikan untuk meninjau ulang. Jadi Review text adalah teks yang bertujuan untuk meninjau ulang suatu karya, baik film, buku, kendaraan, PC/laptop, smartphone dan sebagainya, untuk mengetahui kualitas, kelebihan serta kekurangan yang dimiliki oleh karya tersebut.

2. Tujuan Review Text
The purpose of review text is "to criticise". Jadi, tujuan besar dari review text adalah memberikan ulasan, tinjauan, bahkan kritik terhadap suatu karya seni, ilmiah, buku ataupun bentuk-bentuk lainnya agar diketahui oleh khalayak umum/publik.

3. Ciri-Ciri Review Text
- Fokus pada specific participants
- Menggunakan adjectives (kata sifat)
- Menggunakan long clause (klausa panjang) dan kompleks
- Menggunakan metafora ( perumpamaan)
- Menggunakan Present Tense.

4. Generic Structure
1) Introduction
Pada paragraf ini berisikan pengenalan terhadap pokok atau gambaran umum tentang sebuah karya/benda yang akan ditinjau. Gambaran umum tersebut dapat berupa nama, kegunaan, dan sebagainya.
2) Evaluation
Pada bagian ini menceritakan kelebihan, keunikan, kualitas, serta hal- hal yang membuatnya menarik dengan memberikan gambaran yang lebih mendetail terhadap suatu karya atau benda yang akan direview.
3) Interpretation
Pada bagian interpretasi, penulis memberikan pendapat atau pandangannya terhadap mengenai karya atau benda yang direviewnya. Tentu saja pada bagian ini dilakukan setelah melakukan evaluasi yang cukup terhadap karya atau barang tersebut.
4) Summary  (kesimpulan)
Pada bagian ini, penulis memberikan kesimpulan pada bagian terakhir dari Review text  kepada pembaca terhadap karya atau benda yang telah diulas ( karya atau benda yang telah direviewnya).

5. Contoh Review Text

Film Maze Runner
Director: Wes Ball

Producer: Ellen Goldsmith-Vein

Wyck Godfrey

Marty Bowen

Lee Stollman

Casts: Dylan O’Brien as Thomas

Kaya Scodelario as Teresa

Thomas Brodie-Sangster as Newt

Will Poulter as Gally

Ki Hong Lee as Minho

Aml Ameen as Alby

Blake Cooper as Chuck

Dexter Daren as Frypan

Chris Sheffield as Ben

Jacob Latimore as Jeff

Alexander Flores as Winston

Randall D. Cunningham as Clint

Joe Adler as Zart

Patricia Clarkson as Ava Paige

Rose Leslie as Stephanie

Production Company: Gotham Group

Temple Hill Entertainment

TSG Entertainment

Released date: September 11th, 2014.

Duration: 113 minutes

Country: United States

Orientation
Maze runner is a movie which is adapted from James Dashner novel with the same name. This movie tell us about a group of people who tried to get out from a place called Glade, but they need to go through the maze which have a danger creature called Grievers.

Evaluation
This movie tells about a boy named Thomas, wakes up inside an underground service elevator with no memory of his identity. A group of male youths greet him in a large grassy area called the Glade that is enclosed by tall, stone walls. Every month, a new boy and supplies arrive in the elevator. The boys, called Gladers, have formed a rudimentary society with each assuming specialized tasks, they have been in the Glade for about three years. Alby, their leader and the first to arrive in the Glade, says every boy eventually recalls his name, but none remember their past. The boy learns that a vast Maze surrounding the Glade may provide the only way out. During the day, designated Runners search the Maze for an escape route, returning before nightfall when the entrance closes. No one has ever survived a night inside the Maze.
Then, the condition of the Glade starting to change when a female named Teresa come as the last person in the Glade. One day, the leader Alby get stung by a Griever. Then Thomas replace Alby place as the runner and he become Minho’s partner. The two of them then try to find way out from the maze.

Interpretation
The acting of all the casts is awesome. The development of the character is also good. But, the movie would be more alive if there is a romance scene. Because, as we know that romance is often catch the audience attention.

Summary
I think this movie is a great science-fiction movie. The movie shows us how to fight for life. The movie also shows that we can live with any races. For example are Minho and Alby. So, this movie is good for anyone to watch.

Terjemahan :

Direktur: Wes Ball

Produser: Ellen Goldsmith-Vein

Wyck Godfrey

Marty Bowen

Lee Stollman

Pemain:Dylan O’Brien sebagai Thomas

Kaya Scodelario sebagai Teresa

Thomas Brodie-Sangster sebagai Newt

Will Poulter sebagai Gally

Ki Hong Lee sebagai Minho

Aml Ameen sebagai Alby

Blake Cooper sebagai Chuck

Dexter Daren sebagai Frypan

Chris Sheffield sebagai Ben

Jacob Latimore sebagai Jeff

Alexander Flores sebagai Winston

Randall D. Cunningham sebagai Clint

Joe Adler sebagai Zart

Patricia Clarkson sebagai Ava Paige

Rose Leslie sebagai Stephanie

Rumah Produksi: Gotham Group

Temple Hill Entertainment

TSG Entertainment

Tanggal rilis: 11 September 2014.

Durasi: 113 menit

Negara: Amerika Serikat

Pengantar
Maze runner adalah sebuah film yang diadopsi dari noverl karya James Dashner dengan nama yang sama. Film ini berkisah tentang sekelompok orang yang mencoba keluar dari sebuah tempat bernama “Glade” tapi mereka harus melewati sebuah labirin yang di dalamnya ada sebuah makhluk yang disebut “Grievers”.

Evaluasi
Film ini bercerita tentang seorang laki-laki bernama Thomas, dia bangun disebuah lift bawah tanah tanpa mengingat suatu halpun tentang identitasnya. Sekelompok laki-laki muda lalu menyambutnya disebuah lahan rumput yang disebut “Glade” yang dikelilingi oleh dinding batu yang tinggi. Setiap bulan, seorang laki-laki akan datang dari lift bawah tanah tersebut. Semua laki-laki, disebut “Gladers”, telah membentuk suatu masyarakat dengan tugas masing-masing, mereka telah berada di “Glade” kurang lebih selama tiga tahun. Alby, ketua mereka yang juga merupakan orang pertama yang sampai di “Glade” mengatakan bahwa setiap laki-laki yang ada di “Glade” akan mengingat nama mereka, tapi tidak dengan masa lalunya. Mereka mempelajari bagaimana labirin tersebut untuk menemukan jalan keluar. Setiap siang hari, para Pelari mencari jalan keluar dari labirin, mereka harus kembali sebelum malam saat pintu labirin akan tertutup. Tidak ada yang selamat saat malam hari di dalam labirin. Karena di dalam labirin tersebut ada beberapa “Griever”, makhluk berbahaya di dalam labirin.
Lalu, kondisi di dalam “Glade” mulai berubah saat ada seorang perempuan bernama Teresa datang sebagai orang terakhir di “Glade”. Suatu hari, ketua mereka Alby disengat oleh seekor “Griever”. Thomas pun menggantikan posisi Alby sebagai pelari dan dia menjadi partner dari Minho. Mereka berdua bersama-sama mencari jalan keluar dari labirin tersebut.

Interpretasi
Akting dari setiap pemain sangatlah bagus. Perkembangan karakter dalam film ini juga bagus. Tapi, film ini akan lebih hidup jika ada bagian romantis. Karena, seperti yang kita tahu bahwa keromantisan sering menarik perhatian penonton.

Rangkuman
Saya rasa film ini adalah film ilmu-fiksi yang sangat bagus. Film ini memperlihatkan kita bagaimana perjuangan untuk hidup. Film ini juga memperlihatkan kita bahwa kita bisa hidup berdampingan dengan berbagai macam ras. Sebagai contoh adalah Minho dan Alby. Jadi, film ini adalah fim yang bagus untuk ditonton oleh semua orang.

Oke sobat, sekian dulu pembahasan kita pada kesempatan kali ini. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk sobat semua dan jangan lupa berkunjung kembali di Bahasa Inggris Bermanfaat dan nantikan artikel-artikel bermanfaat lainnya.

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com