Pages

2/27/2018

Room vs Chamber: Ini Dia Bedanya!


Hello sobat, pada kesempatan kali ini kita akan membahas kosakata bahasa inggris yang memiliki Kedekatan Makna. Yups, yaitu mengenai room dan chamber. By the way, sobat sudah tahu belum di mana letak perbedaannya? Simak dulu yuk penjelasan berikut!


ROOM

Kata ini berarti kamar atau ruangan. Cambridge Advanced Learner's Dictionary menjelaskan bahwa room adalah a part of the inside of a building that is separated from other parts by walls, floor and ceiling. Jika kita terjemahkan ke dalam bahasa indonesia berarti "bagian dalam bangunan yang terpisah dari bagian lain oleh dinding, lantai dan langit-langit/plafon." Definisi tersebut jelas merujuk pada kamar atau ruangan. Jadi, room ini merupakan kata yang sangat umum (kata yang biasa sobat gunakan dalam kehidupan sehari-hari).

Dilihat dari sisi fungsi, CALD juga menjelaskan bahwa room is also used as a combining form. Jika kita terjemahkan ke dalam bahasa indonesia berarti "room juga digunakan sebagai bentuk penggabungan." Contoh: bedroom, bathroom, dining-room, living-room, newsroom, classroom, hotel room, etc.

Berikut adalah beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata room:
  • She's waiting for you in the conference room upstairs (dia menunggumu di ruang konferensi di lantai atas).
  • The room was dimly lit (Ruangan itu samar-samar).
  • I think this room has got a lot of facilities (saya pikir ruangan ini sudah mendapat banyak fasilitas).
  • Hotel guests are requested to vacate their rooms by twelve noon (tamu hotel diminta untuk mengosongkan kamar mereka pada pukul dua belas siang).
  • We asked for adjoining rooms (Kami meminta kamar sebelah).

CHAMBER

Kata ini mempunyai beberapa makna, diantaranya kamar atau ruangan. CALD menjelaskan bahwa chamber adalah a room used for a special or official purpose, or a group of people who form (part of) a parliament. Jika kita terjemahkan ke dalam bahasa indonesia berarti "sebuah ruangan yang digunakan untuk tujuan khusus atau resmi, atau sekelompok orang yang membentuk (bagian dari) sebuah parlemen. Dari definisi tersebut bisa kita simpulkan bahwa chamber ini lebih bersifat formal jika dibandingkan room yang bersifat informal.

Berikut adalah contoh kalimat yang menggunakan kata chamber:
  • There are two chambers in the British parliament - the House of Commons is the lower chamber, and the House of Lords is the upper chamber (ada dua ruangan di parlemen Inggris - House of Commons adalah majelis rendah, dan House of Lords adalah majelis tinggi).
Oke sobat, sekian dulu pembahasan kita pada kesempatan kali ini. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk sobat semua dan jangan lupa berkunjung kembali di Bahasa Inggris Bermanfaat dan nantikan artikel-artikel bermanfaat lainnya.
www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com