Pages

2/15/2018

Worth vs Worthwhile? Apa Bedanya


Sobat pasti sering sekali menemukan kata worth dan worthwhile dalam bahasa Inggris. Well, keduanya memang mempunyai makna sama yaitu sama-sama mengisyaratkan berharga, bernilai, patut, bermanfaat, etc. Eits, akan tetapi kedua kosakata tersebut memiliki perbedaannya lho sobat. By the way, sobat sudah tahu belum di mana letak perbedaannya? Simak dulu yuk penjelasan berikut!


WORTH

  1. Kata ini digunakan sesudah verb atau kata kerja, seperti: to be, seem, dan look (sebagai predicative adjective). Kata ini juga bermakna ‘having a particular value’, especially in money. Artinya worth ini "sesuatu yang memiliki nilai tertentu (khususnya yang berkenaan dengan uang)''.
  2. Untuk mengungkapkan sesuatu yang bermanfaat atau cukup baik untuk dilakukan.
  3. Untuk mengungkapkan bahwa  sesuatu dinilai “pantas, patut atau sesuai” dengan harga yang harus dikeluarkan. 

Contoh :
  • Our house is worth 300 million (rumah kita seharga 300 juta)
  • We decided it wasn’t worth going all the way to London to buy books we could get on the Internet (kami memutuskan bahwa tidak sepatutnya pergi ke London hanya untuk membeli buku padahal kami bisa mendapatkannya di internet)
  • Four days' car hire costs 3 million, which is  well  worth it for the freedom it gives you (sewa mobil empat hari seharga 3 juta, itu sesuai dengan kebebasan yang diberikannya kepada Anda)

WORTHWHILE
  1. Sebagai predicative adjective atau attributive adjective (sebelum adjective) worthwhile bermakna  ‘useful’, ‘important’ atau ‘good enough’, sebanding terhadap uang, waktu, atau usaha yang dilakukan.
  2. Worthwhile dapat berarti “of value” (berharga) dan digunakan dengan cara yang sama dengan worth dan it yang mendahuluinya.
Contoh :
  • Do you think working in a supermarket is a worthwhile career for a highly intelligent person? (menurut Anda, apakah bekerja di supermarket adalah karir yang sebanding bagi orang yang begitu cerdas?)
  • We had thought of buying a bigger car, but we didn’t think it was worthwhile, since there’s just the two of us (kami telah berpikir untuk membeli mobil yang lebih besar, tapi kami rasa itu tidak penting, karena hanya ada kami berdua)
  • It is definitely worthwhile to get up early to see the sun (tentunya layak bangun pagi untuk melihat matahari.)
Oke sobat, sekian dulu pembahasan kita pada kesempatan kali ini. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk sobat semua dan jangan lupa berkunjung kembali di Bahasa Inggris Bermanfaat dan nantikan artikel-artikel bermanfaat lainnya.
www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com